Kamis, 23 Desember 2010

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi adalah prinsip-prinsip dari ilmu dan teknologi untuk memproses materi melalui agen biologi agar dapat meningkatkan nilai tamabah.Bioteknologi adalah pemanfaatan biologi untuk kesejahteraan umat manusia.contohnya tempe yang menjadi makanan keluarga, mudah didapat dan murah adalah hasil dari Bioteknologi.

Produk-produk Bioteknologi

Bioteknologi konvensional adalah Bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan produk dan jasa, misalnya jamur dan bakteri yang menghasilkan enzim-enzim tertentu untuk melakukan metabolisme sehingga diperoleh produk yang diinginkan.
Sedangkan Bioteknologi modern adalah Bioteknologi yang menggunakan teknik rekayasa genetika, seprti DNA rekombinan. DNA rekombina yaitu pemutusan dan penyambungan DNA, dengan cara kultur jaringan, cloning dan fungsi sel.
Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi sederhana. Bioteknologi ini mempunyai beberapa manfaat, yaitu:
1. Menciptakan sumber makanan baru, misalnya dari air kelapa dapat diciptakan makanan baru seperti Nata de coco
2. Meningkatkan nilai gizi dari produk-produk makanan dan minuman.
3. Dapat membuat makanan yang tahan lama, misalnya asinan.
4. Secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian rakyat karena boteknologi sederhana tidak membutuhkan biaya sehingga masyarakat kecil bias melakukannya dan menjual hasilnya untuk keperluan hidup sehari-hari.

 Manfaat Bioteknologi   

      Bioteknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai pertanian, peternakan, kesehatan, industri dan pertambangan.dalam biudang pertanian dan peternakan, Bioteknologi modern mampu menciptakan bibit-bibit unggul yang akan memberikan produk bermutu tinggi secara kualitas dan kuantitasnya. Dalam bidang kesehatan Bioteknologi mampu menciptakan produk obat untuk penyakit. Dalam bidang industri mampu menciptakan pemberantas hama secara biologis dan tanaman tahan hama karena dalam tubuhnya disisipi gen bakteri. Sedangkan dalam bidang pertambangan, Biteknologi modern mampu melakukan pengolahan biji besi.

          Manfaat Biteknologi dalam bidang pertanian selain menciptakan bibit unggul, juga dapat diterapkan pada proses penanaman tumbuhan yang merupakan hasil dari pengembangan Bioteknologi, yaitu penanaman secara hidroponik dan aeroponik. Tanaman Hidroponik adalah tanaman yang ditanam  dengan menggunakan media tanah, misalnya pasir, arang sekam, batu apung dan air. Keuntungan bercocok tanam secara hidroponik yaitu :
1.     Tidak menggunakan lahan yang luas, bias dilakukan didalam ruang, dan teknik ini cocok diterapkan di perkotaan yang tidak memiliki lahan pertanian.
2.     Hemat dalam penggunaan pupuk karena diberikan secara teratur sesuai dengan kebutuhan.
3.     Bebas dari serangan hama dan penyakit yang berasal dari tanah.
4.     Menghasilkan tanaman yang bersih dan bermutu.
Selain Hidroponik, pengembangan juga dapat dilakukan dengan cara Aeroponik. Penanaman Aeroponik yaitu menumbuhkan tanaman dengan cara membiarkan akar-akarnya bergantung. Pemberian nutrisinya dilakukan dengan cara menyemprotkan unsure hara secara periodic. Contoh tumbuhan yang memakai system aeroponik yaitu tanaman hias seprti Angggrek. Cara kerja penanaman Aeroponik tidak jauh beda dengan hidroponik. Bedanya hanya terletak pada media tsnam.Hidroponik menggunakan media tanam berupa air, arang sekam, dan batu, sedangkan Aeroponik tidak membutuhkan media padat hanya cukup dibiarkan bergelantungan.

Bioteknologi Dalam Pemberantasan Hama

Dalam membatasi pemakaian pestisida, dilakukan upaya pemberantasan hama secara biologi antara lain penggunaan musuh alami dan menciptakan tanaman resisten hama.
1.       Bacillus thuringiensis Þ menghasilkan bioinsektisida yang toksin terhadap larva serangga.
-Transplantasi gen penghasil toksin pada tanaman menghasilkan ..tanaman yang bersifat resisten hama serangga.
- Kristal (racun Bt) diolah menjadi bentuk yang dapat disemprotkan ..ke tanaman. Racun akan merusak saluran pencernaan serangga.

2.       Baculovirus sp.
Virus disemprotkan ke tanaman. Bila termakan, serangga akan mati dengan sebelumnya, menyebarkan virus melalui perkawinan
Bioteknologi Dalam Kedokteran Dan Produksi Obat



1.
Antibodi Monoklonal
adalah antibodi sejenis yang diproduksi oleh sel plasma klon sel-sel  sejenis. Antibodi ini dibuat oleh sel-sel hibridoma (hasil fusi 2 sel berbeda; penghasil sel  Limpa dan sel mieloma) yang dikultur.
Bertindak sebagai antigen yang akan menghasilkan anti bodi adalah limpa. Fungsi antara lain diagnosis penyakit dan kehamilan
2.
Terapi Gen
adalah pengobatan penyakit atau kelainan genetik dengan menyisipkan gen normal
3.
Antibiotik
Dipelopori oleh Alexander Fleming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum.
- Penicillium chrysogenum memperbaiki penisilin yang sudah ada.
.......................................Dilakukan dengan mutasi secara .......................................iradiasi ultra violet dan sinar X.
- Cephalospurium  penisilin N.
- Cephalosporium 
sefalospurin C.
- Streptomyces 
streptomisin, untuk pengobatan TBC
4.
Interferon
Adalah antibodi terhadap virus. Secara alami hanya dibuat oleh tubuh manusia. Proses pembentukan di dalam, tubuh memerlukan waktu cukup lama (dibanding kecepatan replikasi virus), karena itu dilakukan rekayasa genetika.
5.
Vaksin
Contoh: Vaksin Hepatitis B dan malaria.
Secara konvensional pelemahan kuman dilakukan dengan pemanasan atau pemberian bahan kimia.
Dengan bioteknologi dilakukan fusi atau transplantasi gen.

Gbr. Tahapan sintesis vaksin yang direkayasa secara gen

0 komentar:

Posting Komentar