Rabu, 08 Desember 2010

Mudahnya Mengunduh Manfaat TI

Beberapa tahun terakhir ini teknologi mengalami lompatan yang luar biasa. Apapun yang digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari srba teknologi terutama untuk keluarga modern.mengacu data IDC Oktober 2008/2009, penjualan personal diIndonesia mencapai 3 juta unit, mengalami kenaikan 640 persen. Tahun 2010 diperkirakan kenaikan menjadi 4 juta unit. Nukan tak mungkin jumlah ini membengkak dan bertambah setiap tahunnya.
   Hal utama tentu saja karena computer mampu membantu kelancaran tugas. Baik dalam koridor kerja maupun belajar. Melihat kondisi dewasa ini semuannya dituntut sigap.
Jadi apapun harus dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya computer bukan lagi merupakan barang asing, bahkan bagi pelajar sekolah dasar sekalipun, terlebih SMA atau pun mahasiswa. Bila pelajar dan mahasiswa saja sudah termpil memanfaatkan peranti modern ini.
   Sebelum era internet, siswa mendapat ilmu pengetahuan hanya dari apa yang diterangkan guru di kelas dan membaca buku pelajaran yang materinya relative terbatas. Sehingga guru merupakan informan sangat penting. Bahkan bias dikatakan guru merupakan satu-satu sunber ilmu bagi siswa. Guru dapat dikatakan lebih pandai  dari muridnya karena membaca buku lebih awal disbanding si murid. Hal tersebut tak masalah pada zaman dahulu sebelum teknologi ada karena apapun yang diterangkan guru merupakan satu-satunya sumber ilmu bagi murid.
   Kini, siapa pun dengan mudah bisa mencari informasi apa pun lewat internet. Pada gilirannya, informasi dari guru bukan satu-satunya informasi yang diperoleh siswa. Untuk itu, guru harus selalu menambah. wawasan dan ilmu pengetahuan, entah dari berita dikoran, televise, internet maupun dari sumber lainnya.
Bila guru tidak berusaha menambah wawasannya, mudah ditebak, guru akan kalah dengan siswanya dan tergilas oleh kemjuan zaman. Karena bukan tidak mungkin ,murid akan lebih cepat mendapatkan informasi terkini dibandingkan sang guru.

0 komentar:

Posting Komentar