Senin, 08 Februari 2010

Memeras Sejuta Manfaat Wortel


SURYA.CO.ID - SIAPA yang tidak mengenal wortel? Tanaman sayur ini berbentuk lonjong panjang dengan pigmen warna oranye menyala yang cantik. Wortel, selain bisa disantap mentah begitu saja, setelah diolah wortel bisa dijadikan apa saja. Mulai dari minuman, tumisan, sup, hingga cemilan yang menggoda. Seperti keripik wortel, cake, dan muffin wortel.


Tanaman yang kaya vitamin A, serat, gula, karoten, potassium, dan magnesium ini di pasaran bisa ditemukan dalam wujud dan warna beragam. Selain wortel warna oranye yang jamak dikenal, wortel warna lain. Putih tulang, ungu, hingga maron.

Pun demikian dengan bentuk wortel juga beragam. Wortel imperator adalah wortel yang sudah biasa kita konsumsi sehari-hari. Ada lagi wortel nantes, danvers, chantenay, maron, dan baby wortel yang memang berukuran mini dibandingkan wortel sejenisnya.

Bentuk dan warna wortel menunjukkan manfaat yang beragam. Misalnya wortel putih. Tercatat sebagai tanaman asli Eropa, wortel putih memang tidak memiliki pigmen warna, namun kandungan seratnya dipercaya menyokong kesehatan.

Wortel oranye seperti yang banyak kita konsumsi, kaya vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan sistim imun tubuh karena kandungan beta dan alpa karotennya.

Sedangkan warna ungu pada wortel diyakini mampu menangkal serangan jantung dan stroke, selain sebagai antioksidan dan mampu memerangi radikal bebas karena kandungan pigmen anthocyacanin, beta dan alpha karoten. Wortel ungu ini biasa tumbuh di Afghanistan, Turki hingga kawasan Timur Tengah.

Wortel merah dengan kandungan vitamin A aktifnya dipercaya mampu menanggulangi gejala kanker prostat karena kandungan lycopene dan beta karoten. Wortel warna merah ini jamak dijumpai di kawasan India, Jepang, dan China.

Wortel kuning yang banyak dijumpai di Afghanistan, Turki, dan Negara-negara di Timur Tengah banyak dikonsumi karena mampu menyehatkan indra penglihatan dan mencegah kanker karena kaya xanthophylls dan lutein.

Dengan mengenal kandungan dan khasiat wortel, Anda bisa mengolahnya menjadi apa saja. Apakah disantap mentah sebagai salad, disuguhkan sebagai snack setelah direbus, digoreng, atau pun di oven. Diolah menjadi sup krim, sup merah, atau sup sayuran biasa. Dibuat sebagai cake wortel ataupun muffin wortel. Wortel juga bisa diolah menjai selai. Dengan wajah berbeda, wortel bisa disuguhkan untuk memikat anak-anak agar menyukai sayuran.

Sebagai garnis atau hiasan dan pemanis makanan pun wortel juga tetap cantik. Selain mempercantik penampilan makanan, garnish wortel juga bisa langsung disantap.


0 komentar:

Posting Komentar